Jumat, 02 Desember 2011

KULIAH KERJA NYATA / KUKERTA /KKN

Sebagian perguruan tinggi di Indonesia masih melakukan Kuliah Kerja Nyata atau biasa disingkat KKN, karena dirasa kegiatan ini masih efektif dan dibutuhkan oleh masyarakat sekitar. Tapi belakangan ini beberapa perguruan tinggi melakukan kembali kegiatan ini, karena permintaan dari mahasiswanya, seperti Universitas Sriwijaya Palembang yang melaksanakan KKN bersama-sama dengan Universitas Bengkulu pada tahun 2011.
Di Perguruan tinggi tempat saya kuliah KKN merupakan salah satu mata kuliah dengan 4 SKS (0-4) artinya 4 sks ini adalah praktikum lapangan.

Sebagai seorang mahasiswa yang pernah melakukan kegiatan KKN, saya akan sedikit berbagi pengalaman seputar kegiatan KKN,  ada beberapa hal yang kita lakukan dalam melakukan kegiatan ini.

Setelah upacara pelepasan yang dilakukan pihak Universitas mahasiswa akan terjun kelapangan, kegiatan ini akan dilakukan selama 2 bulan. Adapun kegiatan yang akan dilakukan selama dilapangan adalah sebagai berikut:

1. Berbaur pada masyrakat dan melihat kehidupan masyrakat dilokasi, ini bertujuan untuk melihat masalah apa saja yang ada dalam masyrakat yang dapat kita selesaikan dalam bentuk sebuah program. Dalam hal ini kita menyusun kalender kerja adalah kegitan yang penting, didalam kalender kerja tertuang program apa saja dan kapan waktu yang akan kita laksanakan, ada yang disebut dengan program kelompok dan program invidu. Program kelompok adalah program yang bersifat umum sedangkan program individu adalah program yang sesuai dengan jurusan masing-masing. sebagai tambahan bahwa kita terdiri dari beberapa orang yang terdiri dari jurusan yang berbeda.
2. Melakukan Lokakarya Awal. Masyarakat dikumpulkan disuatu tempat dan disepakati. Disini kita akan memaparkan pada masyarakat kegiatan apa saja yang akan dilakukan dilokasi selama 2 bulan sekaligus meminta kerja sama dari mesyrakat serta ucapan selamat datang pada masyrakat. Lokakarya juga ada ditingkat kecamatan yang dilakukan di kantor camat setempat. Jadi ada 2 lokakarya, Lokakarya tingkat desa dan Tingkat kecamatan. Akan ada kegiatan tanya jawab dalam kegiatan ini antara peserta dan masyrakat.
3. Setelah lokakarya dilakukanlah kegiatan yang tertera dalam kalender kerja.
 Salah satu contoh yang umum dilakukan adalah pengadaan pelakat desa/ kelurahan.
Mengadakan acara 17 agustus
 Melaksanakan Bimbingan Blajar Gratis Untuk Anak-anak





4. Setelah semua kegiatan dilakukan sekitar seminggu sebelum kegiatan berahir, dilakukan Lokakarya ahir baik tingkat desa maupun tingkat kecamatan. Lokarya ini berisikan Laporan Hasil Kegiatan selama dilokasi, tentang kegiatan apa saja yang bisa diselesaikan dan kegiatan apa saja yang tidak bisa diselesaikan, tentunya ada kegiatan tanya jawab antara peserta dan Masyrakat.

Itu sekilas tentang kegiatan KKN, yang terpenting dalam kegiatan ini adalah seberapa bisa kita melakukan pendekatan pada masyarakat serta mengetahui apa yang mereka inginkan, Proses kominikasi harus efektif dalam kegiatan ini. pendekatan dilakukan pada semua kalangan, tua, muda, anak-anak, serta golongan tua.

Selamat melakukan kegiatan semoga sekses....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar