Minggu, 04 Desember 2011

PADANG CAPO PUNYA TURBIN

Impian masyrakat desa padang capo ahirnya terwujud, setelah lama hidup dalam kondisi gelap gulita sebuah desa terpencil di kabupaten Seluma Kec. Lubuk Sandi Provinsi Bengkulu ini ahirnya merasakan yang namanya listrik. Ini berkat sebuah program pemerintah yang dinamakan PNPM Mandiri . Adanya program ini sebagai awal pembangunan yang baik ibarat sebuah angin segar bagi masyrakat.


Program ini diselesaikan dengan kerja sama yang baik antara pemerintah dan masyarakat, kinerja masyarakat yang meluangkan waktu dan tenaga dalam proses pengerjaan hingga selesai merupakan tanda betapa mereka ingin merasakan listrik di desanya. "biarlah kami tidak bekerja ke sawah dan kebun untuk sementara waktu, yang penting listrik cepat selesai" ujar judin (49 tahun) saat ditemui di lokasi.
Kerja sama masyrakat yang solid terlihat jelas saat membendung sungai sindur dengan kawat bronjong agar dapat mengalir ke turbin serta menggali parid hampir sepanjang 1/2 kilometer.

Menurut Haito (Kades Capo Ulu) dalam proses pengerjaan hingga beroprasi kurang lebih 2 tahun ini tidak sedikit masalah yang ditemui, setelah mulai beroprasinya turbin hingga sekarang sudah beberapa kali menemui masalah, malah sempat mati total karena kerusakan dinamo, akan tetapi masyrakat tidak tinggal diam berbagai cara mereka lakukan hingga rela melakukan iuran bersama untuk biaya perbaikan.

Masyrakat sekitar masih mengharapkan bantuan dari pemerintah agar masalah pengaturan tegangan bisa teratasi, hingga saat ini jika malam hari setelah panggunaan masyrakat berkurang tegangan menjadi sangat tidak stabil hingga menyebabkan kerusakan alat-alat elektronik dan bahkan bola lampu jalan meledak. "Kalau memang ada alatnya yang bisa buat jadi stabil kami mengharapkan pemerintah untuk menyediakannya" ujar Zainudin seorang tertua desa setempat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar